Sunday 20 May 2018

HISTOLOGI ORGAN HATI

HISTOLOGI HATI IKAN (Clarias sp)
Perbesaran 4X10

Perbesaran 10x10

Berdasarkan Praktikum Histologi Ikan Tentang Hati Ikan Lele (Clarias sp) yang telah dilakukan di Laboratorium Kering Gedung C Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, diketahui bahwa hati merupakan alat metabolisme tubuh, organ hati menghasilkan cairan empedu sebagai emulsifikator lemak yang berperan penting dalam proses pencernaan makanan. Fungsi hati antara lain yaitu menghasilkan empedu, membantu daya absorbsi lemak di usus dan mengubah zat yang tidak dapat larut dalam air, sebagai tempat metabolisme, mengahancurkan sel darah pada ikan, mempertahankan kimia darah sessuai pada tubuh ikan, menawarkan dan menghilangkan racun, dan berperan dalam mengatur kadar nitrogen dalam proses ekskresi. Hal ini diperkuat oleh oleh Triadani et al. (2010) yang menyatakan bahwa hati merupakan organ penting untuk mensekresikan bahan untuk proses pencernaan. Hati merupakan organ yang berfungsi untuk mendeteksi racun pada tubuh. Jika hati terganggu maka proses metabolisme juga akan terganggu.
Beberapa bagian pada organ hati ikan lele (Clarias sp.) yang telah ditemukan pada perbesaran mikroskop 4x10  terlihat liver capsul venna, kapiler, eritrosit, arteriol, dan hepatosit. Hepatosit mengisi sebagian besar bagian hati. Hepatosit merupakan sel parenkimial utama pada hati yang berperan pada banyaknya hasil metabolisme.
Pada pengamatan mikroskop perbesaran 10x10 ditemukan liver capsul venna, arteriol, hepatosit dan  bile duct. Vena merupakan pembuluh darah yang berukuran besar. Bile duct adalah saluran empedu yang alirannya ke luar hati menuju ke usus. Eritrosit merupakan sel darah merah yang berfungsi mengangkat dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Hal ini diperkuat oleh Pratiwi dan Manan (2015) yang menyatakan bahwa pembuluh darah arteri , arteri, hati, dan vena bermuara ke dalam hati, sedangkan saluran empedu meninggalkan organ hati menuju organ usus.
DAFTAR PUSTAKA
Triadani, A. E., R. Aryawati dan G. Diamsyah. 2010. Pengaruh Logam Timbal (Pb) terhadap Jaringan Hati Ikan Kerapu Bebek (Cromileptes altivielis). Maspari Journal. 1(2): 42-47.
Teknik Dasar Histologi pada Ikan Gurami (Osphorenemus gouramy). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Ilmu Kelautan. 7(2):153-158,

No comments:

Post a Comment